Kamis, 06 Agustus 2015

Mengapa harus The Eco



#timmateri Rapat Pembentukan The Eco Blash 
 

Assalamualaikum w.w
            Dari semenjak nama The Eco Blash Berdengung kepermukaan, mulai dari awal tahun 2011 sampai 2015 saat ini The Eco Blash seperti warga Negara yang tidak mempunyai status kewarganegaraan dalam system pemerintahan. The Eco Blash seperti manusia yang tidak jelas jenis kelaminnya, laki-laki atau perempuan. Bahkan The Eco Blash pun belum memilih kearah mana mereka harus mebawa perkumpulan ini . .
            Siapakah The Eco Blash. Kelompok Radikal Kah ?, Komunitas Sosial Kah ?, Organisasi Islam Kah ? atau The Eco Blash adalah Parpol yang di persiapkan untuk Pilkada Serentak 2015 di seluruh Indonesia. Hari inilah Nasib The Eco Blash dipertaruhkan dalam rapat pertama persiapan pembentukan The Eco Blash untuk menjadi perkumpulan yang lebih serius, dan akan lebih terorganisir dari pada Oganisasi Radikal ISIS.
            Banyak pertanyaan yang akan diajukan. Banyak masukan yang membangun pada hari ini. Dan banyak pula perubahan yang kedepannya akan dialami oleh perkumpulan ini..
            Kami selaku Tim Materi akan menghimpun beberapa pertanyaan yang bersangkutan dengan Materi Rapat pada hari ini. Dan dengan pertanyaan inilah kita akan membawa The Eco Blash menjadi perkumpulan yang sejelas2nya. Berikut kami Himpunkan untuk anda semua :
  1. Pantas kah Nama The Eco Blash sebagai suatu nama perkumpulan ?
  2. Apakah The Eco Blash suatu Komunitas, Kelompok, Organisasi, Parpol, pergerakan (pemuda, mahasiswa), dsb ?
  3. Di Bidang apakah The Eco Bergerak untuk mencapai tujuannya ? sosial, Kemanusiaan, Bisnis, Pendidikan, atau Gerakan Dak’wah amar ma’ruf nahi Munkar ? itu tergantung keputusan Mutlak rapat tgl. 6 agustus 2015.
  4. Sudahkah The Eco menjadi perkumulan yang mewakili setiap keingin dari setiap anggotanya ?
             The Eco Blash = the energic characteristic organization. Itulah arti sebenarna nama The Eco Blash yang tidak bayak orang mengetahuinya. Nama tersebut memiliki filosofi organisasi yang memiliki Energi yang kuat, serta karakter manusia yang sebaik-baiknya. Apabila kita lihat lebih dalam lagi, nama The Eco Blash memiliki arti sebagai organisasi yang menghasilkan orang-orang yang berkarakter dan memiliki karakteristik mumpuni. Khalifah fil Ard.
Pada hari inilah kita menentukan bentuk dari perkumpulan ini. banyak sekali contoh2 perkumpulan masyarakat di sekitar kita. Ada yang menamainya dengan nama Komunitas, Organisasi, Parpol, Kelompok, dan lain sebagainya. Sehingga kami merangkumkan apa saja pengertian dari semua yang disebutkan tersebut.
  • Kelompok : adalah merupakan sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda atau barang, hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu.
  • Organisasi : adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.
  • Komunitas :  adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya.
  • partai politik adalah organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus. Definisi lainnya adalah kelompok yang terorganisir.
  • Pergerakan Mahasiswa.
          Mahasiswa merupakan salah satu kekuatan pelopor di setiap perubahan di negeri ini. Dan  mahasiswa melalui gerakan-gerakan mahasiswa. telah berhasil mengambil peran yang signifikan dengan terus menggelorakan energi “perlawanan” dan bersikap kritis membela kebenaran dan keadilan. Gerakan mahasiswa walaupun sering berbeda-beda ideologinya namun tetap menjalankan fungsinya untuk terus bersikap kritis danmenyuarakan perubahan ke arah yan lebih baik.
          Berbagai macam gerakan mahasiswa tumbuh di negeri ini termasuk gerakan mahasiswa dari mahasiswa muslim. Adalah satu bukti sejarah bahwa pergerakan mahasiswa muslim tidak bisa dipandang remeh dalam mengawal perjalanan bangsa ini. Bahkan, dapat dikatakan mahasiswa muslim menjadi energi yang konsisten dalam tribulasi pergerakan mahasiswa di Indonesia. Dari waktu ke waktu, dalam berbagai wadahnya, gerakan mahasiswa muslim menjadi pagar betis yang berdiri dibarisan terdepan dalam mengawal perubahan demi perubahan.
          perjalanan sejarah Indonesia terdapat beberapa organisasi mahasiswa ekstra kampus yang cukup menonjol, yaitu HMI Dipo (Himpunan Mahasiswa Islam), PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), HMI MPO (Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi) dan KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia).
          Tapi sangat disayangkan sekali, The Eco blash adalah perkumpulan multikulturalisme yang tidak hanya di isi oleh mahasiswa saja. Akan tetapi beragam lapisan sosial, sehingga lengkaplah sudah warna yang timbul dari perkumpulan ini.
          Kami juga selaku Tim Materi akan memberi sedikit materi mengenai perbedaan Ormas dan Parpol sehingga teman2 peserta rapat dapat mengetahui perbedaannya. Dan peserta rapat pun dapat memilih dari sekian pilihan mana yang pantas untuk kemajuan The Eco Blash, dan mana yang sesuai dengan cita-cita dari The Eco Blash.
           Sebelum lebih jauh membahasnya saya akan menjabarkan apa itu Ormas atau Organisasi massa dan Parpol atau Partai Politik. Menurut kutipan dari Wikipedia Indonesia Organisasi massa atau disingkat ormas adalah suatu istilah yang digunakan di Indonesia untuk bentuk organisasi berbasis massa yang tidak bertujuan politis. Bentuk organisasi ini digunakan sebagai lawan dari istilah partai politik. Ormas dapat dibentuk berdasarkan beberapa kesamaan atau tujuan, misalnya: agama, pendidikan, sosial. Fungsi Ormas menurut Wikipedia lebih lanjut adalah sebagai sarana penyalur aspirasi anggota, dan sebagai sarana komunikasi sosial timbal balik antar anggota dan/atau antar Organisasi Kemasyarakatan, dan antara Organisasi Kemasyarakatan dengan organisasi kekuatan sosial politik, Badan Permusyawaratan/Perwakilan Rakyat, dan Pemerintah.
          Lalu apa itu Politik dan fungsinya samakah dengan organisasi massa atau ormas?? Menurut Wikipedia Indonesia Sebuah partai politik adalah organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus. Definisi lainnya adalah kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama. Tujuan kelompok ini ialah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik – (biasanya) dengan cara konstitusionil – untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan mereka.
          Banyak sekali pilihan yang dapat dipilih untuk menentukan masa depan The Eco Blash kedepannya. Karena hidup ini adalah pilihan, setiap peserta rapat bisa mengutaran setiap pendapatnya mengenai arah perkumpulan ini.


Syukron Ala Ihtimamikum, Nun wal qalami wama yasturun. Wassalamualaikum w.w

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di ENote Sahabat . . The Eco